Berpetualang ke kota Tegal, kurang lengkap rasanya jika tidak Sempetin ke Pantai Alam Indah ( PAI ). Di pantai  yang terletak tidak jauh dari pusat kota tegal. Di tempat ini bisa kita gunakan untuk banyak kegiatan menarik seperti: berfoto foto bareng dengan temen,bermain pasir di pingir pantai dan banyak lagi kegiatan lainya..

Tempat wisata ini menyediakan pemandangan alam pantai yang indah terutama pada waktu sore hari karena kita bisa melihat pemandangan matahari yang mau tenggelam secara perlahan lahan,sesuai dengan namanya,Pantai Alam Indah.disana terdapat hamparan pasir pantai serta luasnya Laut Jawa, di lokasi ini kita di perbolehkan  untuk berenang ditepian pantai atau sekedar bermain air.Ombaknya pun cukup besar jadi hati hati bagi temen2 yang hobi beranang.

Kalau anda tidak bisa berenang? tenang saja, di bibir pantai banyak penyedia jasa penyewaan pelampung yang menggunakan ban dalam mobil,harga sewanya pun cukup terjangkau. Namun untuk berenang, harus mematuhi rambu-rambu yang ada.

Bagi yang ingin mengarungi pantai, di PAI ini juga menyediakan sewa perahu. Untuk masalah kemanan, kita diharuskan menggunaan jaket pelampung yang disediakan oleh pemilik kapal. Kemudian, setelah jumlah penumpangnya sudah mencukupi, baru kita akan di bawa berkeliling pantai.



Tapi untuk anda yang belum terbiasa naik perahu. awas mabuk laut!!!,- (biasanya mereka yang suka mabuk di bus akan mengalami hal sama ketika menaiki perahu). Biaya yang diperlukan untuk menaiki kapal ini relativ murah antara 5000 s/d 10000 per orang, seperti biasa untuk hari besar tarif akan berubah.

Selain perahu, di PAI juga ada beberapa anjungan yang bisa digunakan untuk melihat pantai. Ada salah satu anjungan yang cukup panjang, yang biasa digunakan oleh pengunjung untuk melihat laut, memancing, atau untuk lokasi berfoto.

Di PAI juga tersedia beberapa macam permainan, baik itu waterboom, kereta kuda (andong), sepeda, permainan anak, dan lain-lain. Apabila lapar pun di sekitar pantai banyak sekali warung-warung makan yang menjual makanan khas Tegal. Jadi kita tidak perlu kuatir kelaparan.

Kota Tegal sebagai daerah maritim memiliki sejarah kemaritiman yang tua, disini cikal bakal TNI-AL lahir, karena di Kota Tegal pertama kali lahir Sekolah Calon Perwira Angkatan Laut (ALRI) dan diisi pula Pangkalan IV TNI-AL berada
.
Potensi kebaharian inilah yang mendasari mengapa Kota Tegal pantas menjadi Daerah Tujuan Wisata, terutama adanya obyek wisata bahari Pantai Alam Indah (PAI).
Lokasi PAI terletak tidak jauh dari Pusat Kota, berada di bibir pantai Laut Jawa untuk menuju kesana tidaklah sulit karena bisa ditempuh melalui jalur lintas Pantura.

Luas PAI pertama adalah 4 Ha, kemudian seiring dengan adanya penambahan sarana, luas PAI bertambah 3 Ha menjadi 7 Ha.

Keberadaan PAI makin lama makin berkembang. Oleh karena itu pada tanggal 4 September 1978 Obyek Wisata PAI diresmikan oleh Walikotamadya Daerah Tingkat II Tegal, Bapak Sardjoe. Selanjutnya dengan adanya rencana pengembangan Obyek Wisata Pantai Alam Indah Kota Tegal, Luas Wilayah ditambah 9 Ha. menjadi 21 Ha., dengan perincian; 5 Ha. Tanah Milik Pemerintah Daerah Kota Tegal, dan 16 Ha. Tanah PELINDO III

Pada saat ini fasilitas sebagai obyek wisata masih sangat tradisional hanya beberapa fasilitas antara lain sebagai berikut :
Taman rekreasi multi fungsi,
Anjungan,
Gazebo,
Panggung hiburan,
Rumah makan ( warung ) dan kafe.

Dalam waktu yang belum ditentukan, Rencana pengembangan PAI yang sudah disusun dalam Master Plan PAI antara lain terdiri dari :

Pintu Gerbang.
Souvenir Shop + Gerbang.
Parkir Utama.
Gedung Pengelola PAI.
Restaruant.
Ruko.
Kolam Renang.
Zona IPTEKS.
Arena Permainan Air.
Restaurant Terbuka.
Zona Bermain Pasir.
Zona Bermain aktiv.
Zona Perkemahan.
Akomodasi.
Pondok Wisata.
Masjid.

Axact

Blogsejuk

Dapatkan kehidupan yang sehat dan serba berkecukupan, dan bahagiakanlah diri anda dengan semangat hidup, jangan katakan merasa kekurangan, itu hanyalah mimpi buruk, segeralah bangun.

Post A Comment:

0 comments: